Persiapan Umroh Sesuai Sunnah Rasulullah S.A.W

Sangatlah penting bagi Anda guna melakukan beberapa persiapan dan mengetahui serta memahami tata cara pelaksanaan ibadah umroh guna menunjang kelancaran ibadah yang akan dilakukan. Berikut kami rangkum beberapa persiapan umroh sesuai sunnah Rosulullah, yang Insya Allah akan menunjang proses kelancaran Anda dalam melaksanakan ibadah umroh.

Persiapan yang matang sebelum bertolak ke kota Mekkah untuk melaksanakan ibadah umroh sangatlah dibutuhkan. Jika Anda tidak mempersiapkannya dengan matang, bisa saja proses ibadah yang akan Anda lakukan terganggu karena kurangnya persiapan. Selain beberapa perlengkapan umroh yang perlu dibawa, Anda juga harus melakukan beberapa persiapan lainnya seperti berikut ini:

Persiapan Spiritual / Mental

Hal pertama  yang harus dilakukan sebelum melaksanakan ibadah umroh adalah melakukan persiapan spiritual dan mental. Salah satunya dengan cara menghilangkan perasaan dan pikiran negatif yang dapat mengganggu konsentrasi beribadah serta menghindari penyakit-penyakit hati yang bisa menghapus amalan kita.

Dan meluruskan niatan dan tujuan pergi umroh, yaitu semata-mata untuk menjalankan perintah Allah SWT dan mengharap ridho-Nya semata. Bukan karena ingin dipuji dan dihormati oleh orang lain, sepulangnya dari perjalan ibadah umroh.

Ibadah haji atau umroh adalah sebuah perjalanan ibadah bukan semata-mata perjalanan wisata. Maka hendaknya kita benar-benar memahami dan menjalankan seluruh tahapan ibadah dengan sabar dan ikhlas.

Persipan Kondisi Fisik

Kondisi fisik yang prima saat menunaikan ibadah umroh sangatlah diperlukan. Apabila kondisi fisik Anda kurang sehat maka akan mengganggu proses kelancaran dalam menjalankan ibadah umroh. Maka dari itu, mempersipkan fisik Anda sebelum berangkat umroh sangatlah penting. Berikut adalah beberapa hal yang dapat membuat fisik Anda siap untuk menjalankan ibadah umroh:

General check-up

General check-up dapat Anda lakukan 4-6 minggu sebelum berangkat ke Tanah Suci. Pada saat melakukan general check-up, sampaikan semua keluhan tentang kondisi kesehatan Anda. Karena info yang valid tentang kondisi kesehatan Anda, diharapkan seluruh kegiatan yang menjadi amalan haji dapat Anda laksanakan dengan baik.

Olahraga

Olahraga ini dapat dilakukan dengan cara memperbanyak jalan kaki. Hal ini diperlukan agar fisik Anda tidak kaget saat melaksanakan ibadah umroh. Lokasi pemondokan dengan tempat ibadah sangatlah jauh, sehingga mengharuskan Anda untuk berjalan kaki. Bagi Anda yang tidak terbiasa dengan berjalan kaki, mungkin hal ini bisa memberatkan Anda sehingga bisa mengganggu proses kelancaran dalam melaksanakan setiap kegiatan yang dilakukan selama menjalankan ibadah umroh.  Maka dari itu, memperbanyak jalan kaki sebelum berangkat berhaji sangatlah diperlukan, agar ibadah yang akan Anda lakukan bisa berjalan dengan lancar.

Vaksin

Sebelum berangkat umroh, semua jamaah harus di vaksin. Pemberian vaksin ini wajib diberikan kepada semua jamaah umroh sebagai benteng ketahan tubuh agar terhindar dari penyakit yang membahayakan selama di Tanah Suci. Proses vaksinasi dapat Anda lakukan di rumah sakit atau dinas kesehatan lainnya yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Pemahaman Ilmu

Didalam pelaksanaanya, ibadah umroh mengharuskan para jamaah untuk melakukan serangkaian ritual sebagaimana yang diajarkan oleh Rosulullah, dan semuanya haruslan dilakukan secara tertib atau berurutan. Apabila ada salah satu amalan yang tidak dilaksanakan maka ibadah umroh yang dilaksanakannya tidaklah sah. Maka dari itu, segala bentuk persiapan yang berhubungan dengan ritual ibadah umroh haruslah diketahui dan difahami dengan benar, terutama manasik umroh, agar proses ibadah yang dilakukan berjalan dengan lancar.

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk menghapal beberapa doa para Nabi dan siapkan doa-doa baik yang sesuai dengan kehendak kita, kemudian amalkan doa tersebut dengan khusu’. Mebaca sejarah islam juga perlu dilakukan, agar lebih menghayati saat berhadapan dengan situs-situs bersejarah di Tanah Suci. Dan mengetahui dan memahami tata cara sholat jenazah, hal ini diperlukan karena sholat jenazah hampir dilakukan disetiap sholat fardhu.

Persiapan Material

Persiapan yang selanjutnya, adalah persiapan material. Sebelum berangkat ke Tanah Suci, diharapkam untuk melunasi atau menyelesaikan utang piutang dan menyiapkan bekal untuk keluarga yang di tinggalkan, dan menyiapkan bekal selama diperjalanan dan bekal setelah pulang dari Tanah Suci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.